Silabus Dasar Desain Grafis
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian |
---|---|
3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang 4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang |
3.1.1 Menjelaskan unsur-unsur tata letak garis. 3.1.2 Menguraikan unsur-unsur warna 3.1.3 Mendeskripsikan tekstur dan ruang. 4.1.1 Menetapkan tata letak unsu-unsur garis. 4.1.2 Menetapkan tata letak unsur-unsur warna 4.1.3 Menatapkan tata letak unsur-unsur warna |
3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB 4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB. |
3.2.1 Menguraikan fungsi warna CMYK dan RGB 3.2.2 Membandingkan warna CMYK dengan RGB 4.2.1 Melakukan kombinasi warna CMYK dan RGB. 4.2.2 Menunjukkan penempatan warna sesuai fungsi. |
3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis 4.3 Menerapkan hasil prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis |
3.3.1 Menjelaskan prinsip tata letak desain. 3.3.2 Menguraikan prinsip desain 4.3.1 Mengintegrasikan perinsip ke dalam desain. 4.3.2 Menunjukkan desain sesuai prinsip. |
3.4 Mendiskusikan berbagai format gambar 4.4 Menempatkan berbagi format gambar |
3.4.1 Menjelaskan format gambar. 3.4.2 Menguraikan berbagai format. 4.4.1 Membandingkan format gambar. 4.4.2 Menyimpan gambar dengan format pilihan. |
3.5 Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain 4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain |
3.5.1 Menjelaskan fungsi scanning. 3.5.2 Menguraikan prosedur scanning. 4.5.1 Memilih gambar untuk discan. 4.5.2 Menunjukkan hasil scanning. |
3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor 4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor |
3.6.1 Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar vektor. 3.6.2 Membandingkan gambar berdasarkan fitur. 4.6.1 Mengintegrasikan fitur dalam menolah gambar vektor. 4.6.2 Menunjukkan gambar vektor hasil pengolahan. |
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek 4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek |
3.7.1 Menjelaskan fungsi manifulasi gambar vektor. 3.7.2 Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar. 4.7.1 Membandingkan efek manipulasi pada gambar. 4.7.2 Menunjukkan gambar hasil manipulasi. |
3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor 4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor |
3.8.1 Menguraikan desain gambar berbasis vektor. 3.8.2 Mengintegrasikan desain gambar berbasis vektor. 4.8.1 Mensketsa desain gambar. 4.8.2 Menunjukkan desain gambar berbasis vektor. |
3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster) 4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster) |
3.9.1 Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar bitmap. 3.9.2 Membandingkan gambar berdasarkan fitur. 4.9.1 Mengintegrasikan fitur dalam menolah gambar vector. 4.9.2 Menunjukkan gambar vector hasil pengolahan |
3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek 4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek |
3.10.1 Menjelaskan fungsi manifulasi gambar bitmap. 3.10.2 Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar. 4.10.1 Membandingkan efek manipulasi pada gambar.r /> 4.10.2 Menunjukkan gambar hasil manipulasi. |
3.11 Menerapkan desain berbasis gambar bitmap (raster) 4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster) |
3.11.1 Menguraikan desain gambar berbasis bitmap. 3.11.2 Mengintegrasikan desain gambar berbasis bitmap. 4.11.1 Mensketsa desain gambar. 4.11.2 Menunjukkan desain gambar berbasis bitmap. |
3.12 Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster) 4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster) |
3.12.1 Menguraikan karakteristik penggabungan gambar vektor dan bitmap 3.12.2 Menyusun kriteria penilaian 4.12.1 Melakukan penilaian terhadap penggabungan gambar vektor dan bitmap 4.12.2 Menyusun laporan penilaian |
Posting Komentar untuk "Silabus Dasar Desain Grafis"