Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Dasar Desain Grafis

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian
3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
3.1.1 Menjelaskan unsur-unsur tata letak garis.
3.1.2 Menguraikan unsur-unsur warna
3.1.3 Mendeskripsikan tekstur dan ruang.
4.1.1 Menetapkan tata letak unsu-unsur garis.
4.1.2 Menetapkan tata letak unsur-unsur warna
4.1.3 Menatapkan tata letak unsur-unsur warna
3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB
4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.
3.2.1 Menguraikan fungsi warna CMYK dan RGB
3.2.2 Membandingkan warna CMYK dengan RGB
4.2.1 Melakukan kombinasi warna CMYK dan RGB.
4.2.2 Menunjukkan penempatan warna sesuai fungsi.
3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
4.3 Menerapkan hasil prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
3.3.1 Menjelaskan prinsip tata letak desain.
3.3.2 Menguraikan prinsip desain
4.3.1 Mengintegrasikan perinsip ke dalam desain.
4.3.2 Menunjukkan desain sesuai prinsip.
3.4 Mendiskusikan berbagai format gambar
4.4 Menempatkan berbagi format gambar
3.4.1 Menjelaskan format gambar.
3.4.2 Menguraikan berbagai format.
4.4.1 Membandingkan format gambar.
4.4.2 Menyimpan gambar dengan format pilihan.
3.5 Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
3.5.1 Menjelaskan fungsi scanning.
3.5.2 Menguraikan prosedur scanning.
4.5.1 Memilih gambar untuk discan.
4.5.2 Menunjukkan hasil scanning.
3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor
4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor
3.6.1 Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar vektor.
3.6.2 Membandingkan gambar berdasarkan fitur.
4.6.1 Mengintegrasikan fitur dalam menolah gambar vektor.
4.6.2 Menunjukkan gambar vektor hasil pengolahan.
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
3.7.1 Menjelaskan fungsi manifulasi gambar vektor.
3.7.2 Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar.
4.7.1 Membandingkan efek manipulasi pada gambar.
4.7.2 Menunjukkan gambar hasil manipulasi.
3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor
3.8.1 Menguraikan desain gambar berbasis vektor.
3.8.2 Mengintegrasikan desain gambar berbasis vektor.
4.8.1 Mensketsa desain gambar.
4.8.2 Menunjukkan desain gambar berbasis vektor.
3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
3.9.1 Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar bitmap.
3.9.2 Membandingkan gambar berdasarkan fitur.
4.9.1 Mengintegrasikan fitur dalam menolah gambar vector.
4.9.2 Menunjukkan gambar vector hasil pengolahan
3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
3.10.1 Menjelaskan fungsi manifulasi gambar bitmap.
3.10.2 Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar.
4.10.1 Membandingkan efek manipulasi pada gambar.r /> 4.10.2 Menunjukkan gambar hasil manipulasi.
3.11 Menerapkan desain berbasis gambar bitmap (raster)
4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)
3.11.1 Menguraikan desain gambar berbasis bitmap.
3.11.2 Mengintegrasikan desain gambar berbasis bitmap.
4.11.1 Mensketsa desain gambar.
4.11.2 Menunjukkan desain gambar berbasis bitmap.
3.12 Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
3.12.1 Menguraikan karakteristik penggabungan gambar vektor dan bitmap
3.12.2 Menyusun kriteria penilaian
4.12.1 Melakukan penilaian terhadap penggabungan gambar vektor dan bitmap
4.12.2 Menyusun laporan penilaian

Posting Komentar untuk "Silabus Dasar Desain Grafis"