Silabus Pemrograman Dasar
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian |
---|---|
3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer 4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer |
3.1.1 Menjelaskan algoritma pemrograman 3.1.2 Menerapkan algoritma pemrograman dalam menyelesaikan masalah 3.1.3 Menjelaskan algoritma pemrograman menggunakan flowchart 3.1.4 Menerapkan flowchart dalam menyelesaikan masalah 4.1.1 Membuat alur program menggunakan text (algoritma) 4.1.2 Membuat program menggunakan simbol (flowchart) |
3.2 Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman 4.2 Melakukan Instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman |
3.2.1 Menjelaskan berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 3.2.2 Menjelaskan prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 3.2.3 Mengoperasikan prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 4.2.1 Menginstalasi perangkat lunak bahasa pemrograman 4.2.2 Menguji hasil instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman |
3.3 Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer 4.3 Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman |
3.3.1 Mengoperasikan editor untuk lingkungan kerja perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 3.3.2 Menerapkan struktur penulisan kode/perintah program pada bahasa pemrograman komputer 3.3.3 Menerapkan prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer 4.3.1 Membuat kode program sederhana menggunakan bahasa pemrograman komputer 4.3.2 Menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer |
3.4 Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi 4.4 Membuat kode program dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi |
3.4.1 Menjelaskan berbagai tipe data dan sintak penulisan 3.4.2 Menjelaskan variabel dan dan sintak penulisan 3.4.3 Menjelaskan berbagai operator dan sintak penulisan 3.4.4 Menjelaskan ekspresi dan sintak penulisan 3.4.5 Menerapkan berbagai tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan dengan program 4.4.1 Membuat aplikasi program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta 4.4.2 Membuat aplikasi program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta, operator, ekspresi |
3.5 Menerapkan operasi aritmatika dan logika 4.5 Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika |
3.5.1 Menjelaskan operator aritmatika 3.5.2 Menjelaskan operator logika 3.5.3 Menerapkan operasi aritmatika dan logika untuk menyelesaikan masalah perhitungan aritmatika dan logika 4.5.1 Membuat aplikasi operasi aritmatika 4.5.2 Membuat aplikasi operasi logika |
3.6 Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman 4.6 Membuat kode program struktur kontrol percabangan |
3.6.1 Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan 3.6.2 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat 3.6.3 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan sederhana 3.6.4 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bertingkat 3.6.5 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bersarang 4.6.1 Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat 4.6.2 Membuat aplikasi percabangan sederhana 4.6.3 Membuat aplikasi percabangan bertingkat 4.6.4 Membuat aplikasi percabangan bersarang |
3.7 Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman 4.7 Membuat kode program struktur kontrol perulangan |
3.7.1 Menjelaskan statement/perintah untuk perulangan 3.7.2 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol perulangan sederhana 3.7.3 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol perulangan bersarang 4.7.1 Membuat aplikasi perulangan sederhana 4.7.2 Membuat aplikasi perulangan bersarang |
3.8 Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori 4.8 Membuat kode program untuk menampilkan kumpulan data array |
3.8.1 Menjelaskan array satu dimensi 3.8.2 Menjelaskan array multi dimensi 3.8.3 Mengidentifikasi penerapan array satu dimensi 3.8.4 Mengidentifikasi penerapan array mulri dimensi 4.8.1 Membuat aplikasi array satu dimensi 4.8.2 Membuat aplikasi array multi dimensi |
3.9 Menerapkan penggunaan fungsi 4.9 Membuat kode program menggunakan fungsi |
3.9.1 Menjelaskan konsep fungsi dalam bahasa pemrograman 3.9.2 Menerapkan fungsi-fungsi buatan sendiri 3.9.3 Menerapkan fungsi-fungsi bawaan dari bahasa pemrograman 4.9.1 Membuat aplikasi dengan fungsi buatan sendiri 4.9.2 Membuat aplikasi dengan fungsi bawaan bahasa pemrograman |
3.10 Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi 4.10 Membuat antar muka (User Intreface) pada aplikasi |
3.10.1 Menjelaskan prosedur pembuatan antar muka pada aplikasi 3.10.2 Menerapkan prosedur pembuatan antar muka input data dari pengguna 3.10.3 Menerapkan prosedur pembuatan antar muka input data dari pengguna dengan validasi data 4.10.1 Membuat antar muka input data dari pengguna 4.10.2 Membuat antar muka input data dari pengguna dengan validasi data |
3.11 Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface). 4.11 Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface). |
3.11.1 Menjelaskan prosedur pembuatan menu pada antar muka 3.11.2 Menjelaskan prosedur pembuatan menu pada antar muka dengan validasi |
3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface) 4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface) |
3.12.1 Mengidentifikasi permasalahan pada pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka 3.12.2 Merumuskan permasalahan pada pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka 3.12.1 Memperbaiki permasalahan pada pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka 3.12.2 Menguji hasil perbaikan permasalahan pada pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka |
3.13 Mengevaluasi debuging pada aplikasi pada sederhana 4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana |
3.12.3 Menerapkan prosedur debuging pada aplikasi sederhana 3.12.4 Mengidentifikasi permasalahan pada aplikasi berdasarkan data debuging 4.13.1 Memperbaiki bug pada aplikasi 4.13.2 Menguji aplikasi hasil perbaikan |
3.14 Mengevaluasi paket installer aplikasi sederhana 4.14 Memformulasikan paket installer aplikasi sederhana |
3.14.1 Menerapkan prosedur evaluasi pada paket installer 3.14.2 Mengidentifikasi permasalahan pada paket installer 4.14.1 Memperbaiki bug pada paket installer 4.14.2 Menguji paket installer hasil perbaikan |
Posting Komentar untuk "Silabus Pemrograman Dasar"